Array Dalam Visual Basic Net

Array Dalam Visual Basic Net

Array pada pemrograman Visual Basic Net adalah merupakan variabel yang memiliki banyak nilai.Hampir sama dengan konstanta array juga berfungsi untuk menyimpan nilai sementara dari sebuah variabel. Jika pada kontanta kita dapat menyimpan sebuah variable dengan nilai tetap (tidak dapat dirubah) maka pada array kita dapat menyimpan banyak nilai didalam satu array.


Untuk mendeklarasikan array sama saja dengan cara ketika kita mendefinisikan sebuah variabel. Kita dapat mendeklarasikan dengan cara seperti dibawah ini:

Dim namaarray (jumlahnilai) As Typedata

Array digunakan untuk memperkecil penggunaan variabel. Dengan satu array kita dapat menggabungkan beberapa variabel yang memilki nilai dan fungsi sejenis (hampir sama). Jadi misalnya didalam satu program yang lumayan besar terdapat beberapa variabel sementara variabel tersebut memiliki fungsi yang hampir sama maka kita dapat menggabungkannya didalam satu array saja. Lalu kita dapat mendefinisikan tiap-tiap array yang telah kita gabungkan tersebut dengan elemen array.

Sekarang kita akan membuat satu contoh dengan 3 buah variabel yaitu kopi, susu dan teh manis. Perhatikan contoh dibawah:

Dim Teh As String
Dim Kopi As String
Dim Susu As String

Sekarang sobat bisa bayangkan bagaimana jika variabel tersebut tidak hanya ada tiga tetapi puluhan atau mungkin ratusan? Hal ini pasti akan membuat sobat bingung ketika akan mendeklarasikan variabel yang ratusan jumlahnya. Maka hal ini dapat kita atasi dengan menggunakan satu buah array saja. Kita dapat mengelompokkan ketiga variabel tersebut menjadi satu buah string yaitu minuman. Perhatikan contohnya:

Dim minuman (2) As String
Teh (0) as String
Kopi (1) as String
Susu (2) as String

Sekarang perhatikan contoh penggunaan sintaks array dalam Visual Basic 2010: Buat satu form pada visual basic sobat lalu tambahkan satu buah tombol (button) dan combobox.



Lalu tambahkan sintak berikut tepat dibawah Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click


Dim minuman(5) As String  
     minuman(0) = "Teh"  
     minuman(1) = "Kopi"  
     minuman(2) = "Susu"  
     minuman(3) = "Kopi Susu"  
     minuman(4) = "Teh Susu"  
     minuman(5) = "Aqua"  
     For Each element As String In minuman  
       ComboBox1.Items.Add(element)  
     Next  
     ComboBox1.Text = "Menu Minuman"

Running program yang sobat buat dan klik button 1 untuk melihat hasilnya. Perlu diperhatikan, penggunaan nomor urut array didalam visual basic dimulai dengan nomor urut 0.Apabila sobat membuat element string dengan jumlah 6 buah itu berarti elemen pertama dimulai dari 0 dan berakhir pada elemen 5.

Baca Juga: Konstanta Pada Visual Basic Net

Demikian Cara Mendeklarasikan Array Pada Visual Basic Net, Semoga Bermanfaat